PEMKAB BULUKUMBA KEMBALI TERIMA SAKIP AWARD DENGAN PREDIKAT B

PEMKAB BULUKUMBA KEMBALI TERIMA SAKIP AWARD DENGAN PREDIKAT B

Yogyakarta,- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penilaian terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Melalui Hasil Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dikemas dalam SAKIP Award 2019, Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemerintah daerah, termasuk Kabupaten Bulukumba, di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Senin 24 Februari 2020.

 

Menurut Inspektur Kabupaten Bulukumba, Andi Sri Arianti, berdasarkan hasil evaluasi SAKIP Bulukumba tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bulukumba mendapat nilai 61,14 atau dengan predikat penilaian “B”.

"Meski predikat B-nya masih bertahan dari tahun 2018, namun nilainya meningkat dari angka 20,02," ungkapnya.

Penilaian tersebut, lanjut Sri Arianti menunjukkan tingkat efektifitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan capaian kinerjanya sudah cukup memadai, serta kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil sudah menunjukkan hasil yang baik.

 

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang menerima penghargaan dari Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan, pencapaian predikat “B” tidak terlepas dari penerapan kegiatan yang mengedepankan efektifitas dan efisiensi, serta adanya sinkronisasi dan sinergitas semua perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan. Dirinya berharap kinerja yang sudah baik agar terus ditingkatkan.

“Kinerja pemerintah harus berorientasi hasil, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” pintanya.

 

Pada momentum SAKIP Award tersebut, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan untuk 190 Pemda di Wilayah III. Wilayah ini meliputi 12 pemerintah provinsi, yaitu D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat, dan 178 Pemerintah Kabupaten/Kota di wilayah ke-12 provinsi tersebut.

Sekadar diketahui, dari 24 daerah di Sulawesi Selatan, hanya 10 yang memperoleh predikat B, yaitu Makassar, Sinjai, Luwu Utara, Gowa, Bantaeng, Pinrang, Bulukumba, Maros, Luwu Timur, dan Bone.(A3/Humas)