TOMY SATRIA KUKUHKAN PENGURUS KOMUNITAS PELESTARI BILAH PUSAKA PANRITA BASSI

 TOMY SATRIA KUKUHKAN PENGURUS KOMUNITAS PELESTARI BILAH PUSAKA PANRITA BASSI

Sebagai bentuk pelestarian budaya Bugis Makassar, salah satu komunitas pecinta benda pusaka, yakni Komunitas Pelestari Bilah Pusaka Panrita Bassi Bulukumba menggelar kegiatan bertajuk Pameran Bilah Pusaka Sulawesi, Kegiatan ini berlangsung mulai Jumat malam 23 hingga 24 Agustus 2019 di Lapangan Pemuda Bulukumba.

 

Ketua Panitia A. Muhammad Ichdar dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini terlaksana atas swadaya Pengurus dan Anggota komunitas Pelestari bilah pusaka sulawesi demi melestarikan peninggalan - peninggalan pusaka yang ada, dan akan berlangsung selama 2 hari kedepan, beragam kegiatan yang akan dilaksanakan seperti pameran bilah pusaka Sulawesi, Pengukuhan Pengurus Komunitas Bilah Pusaka Panrita Bassi, dan Workshop tentang bilah pusaka dengan Tema menakar bilah pusaka di era millenial.

 

Ketua Pengurus Komunitas Pelestari Bilah Pusaka Panrita Bassi Bulukumba A. Zulkifli Indrajaya dalam sambutannya mengatakan bahwa komunitas ini adanya sudah lama namun kepengurusan baru terbentuk tahun ini

Lebih jauh Zulkifli melaporkan bahwa sejak dibentuknya komunitas pelestari bilah pusaka panrita bassi ini beragam kegiatan yang telah diikuti baik tingkat lokal, regional maupun tingkat propinsi.

"Ini yang pertama dilakukan pameran bilah pusaka di luar ruangan biasanya selama ini dilaksanakan dalam ruangan"ungkapnya

 

Lebih jauh Ketua komunitas pelestari bilah pusaka panrita bassi Yang juga Kadis PSDA ini berharap dengan terbentuknya komunitas ini mampu bersinergi dengan pemerintah dalam hal menjaga dan melestarikan bilah pusaka dan kegiatan budaya lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.

Sementara itu Wakil Bupati Bulukumba Tomi Satria Yulianto dalam sambutannya mengatakan pada jaman dulu penggunaan bilah merupakan simbol keperkasaan bagi lelaki yang juga merupakan simbol keberanian siri' na pacce, maka saat ini dapat ditransformasi menjadi budaya sejarah yang dilestarikan demi mengembangkan bangsa tampa melupakan akar budayanya.

 

"Semoga dengan momentum ini eksistensi Komunitas Panrita Bassi ini akan semakin menunjukkan kiprah nyata dalam upaya melestarikan warisan budaya Bugis Makassar dalam hal ini Bilah Pusaka yang tersebar diseluruh nusantara khususnya di sulawesi"ungkapnya

Tomi lebih jauh berharap dengan adanya komunitas ini dapat menngembangkan peradaban dengan melestarikan benda - benda pusaka yang ada dalam menjaga kearifan lokal.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Bulukumba, Dandim 1411, Kadis PSDA selaku Ketua Komunitas Pelestari Bilah pusaka Panrita Bassi Bulukumba, Kelompok Lembaga Badik Celebes Pangkep, Lembaga Badik Celebes Gowa, Lamakkasau Kabupaten Bone, Karpet Kuning, Pusaka Bumi Lasinrang, Galeri Pusaka Bugis - Makassar, Kawali Pusaka Wajo, Krisna Makassar, dan Komunitas Pelestari Bilah Pusaka Panrita Bassi Bulukumba.(Diskominfo)