EPPA SULAPA GELAR PENTAS SENI MAULID

EPPA SULAPA GELAR PENTAS SENI MAULID

Bulukumba- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Eppa Sulapa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Gazali mencoba menampilkan khazanah lain dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Tidak hanya ceramah agama yang biasa ditemui setiap peringatan maulid, namun mahasiswa UKM Seni ini menggelar Pentas Seni Maulid yang menjadi rangkaian pekan Maulid STAI Al Gazali Kabupaten Bulukumba.

Menurut Ketua Panitia, Nur Alim Ashar pelaksanaan pentas seni Maulid ini untuk mengenang perjalanan Rasulullah dalam membawa risalah Islam sebagai jalan keselamatan bagi umat manusia. “Kegiatan maulid ini tidak sekedar ceramah, tapi lebih mengedepankan seni, termasuk seni Barazanji, qasidah dan puisi yang bertajuk maulid,” ungkapnya.

Pada Pentas Seni Maulid yang digelar di halaman Kampus STAI Al Gazali, Rabu 18 Desember 2019, juga menghadirkan pemerhati budaya Darsyaf Pabottingi dan Ketua Yayasan Al Gazali, KH Tjamiruddin serta Wakil Ketua Ustaz H. Syarkawi.

Para mahasiswa yang tergabung dalam UKM Seni Eppa Sulapa menampilkan tarian karya Darsyaf Pabottingi yang berjudul Sikkiri Daun Pandang. Begitu juga pembacaan puisi Maulid Sang Nabi yang dibawakan dengan memukau oleh pembina Ponpes Babul Khaer, Sulaeha. Puisi Maulid Sang Nabi ini merupakan ciptaan dari guru SMP Negeri 3 Bulukumba Arzak Rizal.

Kabag Kesra, Hj Darmawati yang mewakili Bupati Bulukumba mengapresiasi UKM Seni Eppa Sulapa yang mampu menghasilkan karya seni, khususnya dalam menyambut momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Melalui  Pentas Seni, lanjut Darmawati akan semakin menambah khazanah peringatan maulid yang dilaksanakan selama ini, sebagai wujud mengekspresikan kecintaan kepada sosok agung Nabiullah Muhammad SAW.

“Semoga dengan peringatan dan pentas Maulid ini, akan semakin meningkatkan hubungan batin kita kepada Rasulullah sehingga kita senantiasa mencontoh keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari,” pintanya. (A3)