Pimpinan DPRD Bulukumba Dilantik, Bupati Optimis Kinerja DPRD Semakin Baik

Pimpinan DPRD Bulukumba Dilantik, Bupati Optimis Kinerja DPRD Semakin Baik

Setelah dipimpin oleh Ketua Sementara sejak dilantik pada 19 Agustus yang lalu, akhirnya DPRD Kabupaten Bulukumba dinahkodai oleh Pimpinan DPRD yang definitif. Pimpinan DPRD yang terdiri dari Ketua dan dua Wakil Ketua diambil Sumpah dan Janjinya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bulukumba, Sutiyono dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Senin 14 Oktober 2019 di Gedung DPRD Kabupaten Bulukumba.

Pimpinan DPRD dilantik atau diambil sumpahnya berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 1786/X/TH 2019 tanggal 10 Oktober 2019  tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Bulukumba Masa Jabatan Tahun 2019-2024. Tiga pimpinan tersebut yaitu H. Rijal dari Fraksi PPP selaku Ketua DPRD dan Hj Siti Aminah dari Fraksi Nasdem serta H. Patudangi dari Fraksi Gerindra masing-masing selaku Wakil Ketua DPRD.

 

Usai dilantik, Ketua DPRD H. Rijal menyampaikan terima kasih atas kerjasama, kerja keras dan kerja cerdas anggota DPRD selama dirinya menjabat sebagai pimpinan sementara.

Dikatakannya, dengan ditetapkannya pimpinan definitif DPRD Bulukumba, dirinya bersama seluruh anggota dewan akan segera memulai agenda-agenda pemerintahan daerah sesuai dengan kewenangan lembaga, khususnya pembahasan KUA dan PPAS serta rancangan APBD Kabupaten Bulukumba tahun 2020.

"Ini akan menjadi tantangan bagi kita semua untuk menjawab harapan dan kritikan masyarakat terhadap DPRD. Untuk itu mari kita mengapresiasi harapan dan kritikan masyarakat untuk dijadikan pemicu semangat dalam bekerja secara kreatif, inovatif, dan progresif sesuai fungsi serta kewenangan yang diatur dalam perundang-undangan untuk kemajuan Butta Panrita Lopi,” pintanya

 

Sementara itu, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang hadir bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pimpinan DPRD  Kabupaten Bulukumba dilantik.

"Semoga kepercayaan dari rakyat dapat dijalankan dengan upaya mengakselerasi berbagai potensi untuk membangun dan memajukan Kabupaten Bulukumba,” katanya.

Lebih lanjut AM Sukri mengatakan dengan dilantiknya pimpinan DPRD ini maka diharapkan agar agenda agenda selanjutnya dapat terselesaikan secepatnya seperti penetapan alat kelengkapan DPRD, penetapan tata tertib DPRD sebagai pedoman dalam melaksanakan agenda  DPRD bersama eksekutif, dan agenda yang terpenting yaitu pembahasan anggaran APBD Pokok 2020 serta tugas perencanaan dan pengawasan belanja daerah.

"Saya berharap agar sinergitas dan kerjasama yang telah terbangun dengan baik selama ini antara lembaga legislatif dan eksekutif senantiasa tetap terjaga dalam bingkai kebersamaan dalam mengutamakan kepentingan masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik bagi rakyat Bulukumba,” sambungnya.

Selain itu Bupati optimis, kinerja DPRD ke depannya akan semakin baik, melihat hasil Pemilu 2019 yang lalu mendudukkan wajah wajah baru yang masih muda dan semangat untuk mengakselerasi DPRD.

Turut hadir dalam pelantikan, Kajari Bulukumba Hartam Ediyanto, Kapolres AKBP Syamsu Ridwan, Dandim 1411 Joko Triyanto, Ketua MUI H. Tjamiruddin, Ketua Baznas Bulukumba, HM Yusuf Sandy dan sejumlah Kepala OPD sera para keluarga kerabat dari anggota DPRD Kabupaten Bulukumba.(A3/Humas)